Berita

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

Talkshow Pendidikan Humaniora, Kamis, 22/8/2019

Pada Kamis (22/8/2019), Program Pascasarjana UNSUR kedatangan tamu dari ASPENSI Bandung dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.  Tujuannya  untuk melakukan kerja sama tentang penerbitan jurnal.

Talkshow pendidikan humaniora diikuti oleh 13 peserta.  Mereka terdiri dari dosen MPBSI, MIHU, perwakilan LPPM, dan perwakilan dosen FKIP UNSUR yang berlokasi di Ruang 1 Gedung Pascasarjana. 

Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai. Sekretaris Prodi MPBSI, Aan Hasanah, M.Pd. bertindak sebagai pembawa acara/MC sedangkan talkshow dimoderatori oleh Andi Suwirta, M.Hum (ASPENSI).

Dari biodata, Andi Suwirta, juga dosen FIPS UPI, juga sebagai   Sekretaris Jenderal ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) periode 2018-2023.  Pertemanan dengan Direktur PPs Unsur yang baik hingga muncul ide untuk menerbitkan/meningkatkan jurnal ilmiah bisa disubmit (diisi) oleh kalangan dosen.
Tamu kedua adalah Dekan FISIP UNSYIAH, Dr. Mahdi Syahbandir, S.H,  M.Hum.  Di forum ini beliau datang  bersama wakil dekan I bidang akademik, Dr. Effendi Hasan, M.A. Beliau menyajikan Partai Politik Lokal di Aceh.  

Kemudian Direktur Pascasarjana, Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd.  yang membahas pendidikan multikultural dalam Integrasi bangsa. Perbedaaan  politik, budaya, agama, bahasa, pakaian, dapat menyatukan sebagai bangsa Indonesia.  Oleh karena itu, Pendidikan humaniora adalah suatu bahan pendidikan yang mencerminkan keutuhan manusia dan membantu agar manusia menjadi lebih manusiawi.

Selanjutnya, diadakan sesi acara tanya jawab.  Siti Maryam, bertanya tentang Kurikulum di Pendidikan Aceh dan kemungkinan pemberdayaan masyakarat. Sumarna, bertanya tentang hukum di Aceh? Perda?  Pemateri dapat menjelaskan dengan jelas dan lancar.

Kemudian,  Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Direktur Pascasarjana UNSUR, ASPENSI, dan Dekan FISIP UNSYIAH perihal mengadakan kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan seminar bersama atau tentang penerbitan jurnal.  Acara pendokumentasi, termasuk dengan foto bersama. 

Sebelum acara selesai, Direktur memberikan titipan cinderamata dari Rektor untuk tamu. MC menutupnya dengan doa.     

Selanjutnya,  foto-foto diambil di depan Gedung Pascasarjana Universitas Suryakancana Cianjur. (d/Redaksi)