DOSEN UNSUR CIANJUR IKUT SSB DI SORONG

DOSEN UNSUR CIANJUR IKUT SSB DI SORONG

Peserta SSB dari 3 negara di Sorong, Papua Barat

      Kegiatan  Seminar Sambil Berlayar (SSB) diadakan oleh ASPENSI  dan  STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Sorong yang bertindak sebagai tuan rumah dan disponsori oleh pihak UBD (Universiti Brunei Darussalam) dari Bandar Seri Begawan.  Kegiatan  yang ini berlangsung dari tanggal 10-14 Juli 2017 di Sorong, Papua Barat.   Para guru dan dosen dari tiga negara IMB (Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam) mengikuti  seminar berturut-turut ini berjumlah 48 orang, termasuk peserta  dari Universitas Suryakancana Cianjur.

            Dr. Hj. Iis Ristiani, M..Pd, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd, dan Aan Hasanah, M.Pd ketiganya berasal dari Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Ketiganya berturut-turut  menyambi jabatan struktural sebagai Wakil Rektor I, Ketua Jurusan Prodi PBSI S1, dan Sekretaris Jurusan Program Magister PBSI.

            Menurut Ketua Umum ASPENSI, Andi Suwirta,  menyatakan  bahwa gagasan tentang perlunya SSB muncul pertama kali dalam acara MSB (Melawat Sambil Belajar) ke Kampus UMS (Universiti Malaysia Sabah) di Kota Kinabalu, Negeri Sabah, Malaysia, pada bulan Juli 2016  (klik: Lawatan ke Kampus UMS Kinabalu Malaysia). Dalam kegiatan MSB tersebut, para Guru dan Dosen dari berbagai lembaga pendidikan dan PT (Perguruan Tinggi) di Indonesia bertemu dan bersepakat dengan para Dosen dari UMS dan UBD (Universiti Brunei Darussalam) di Kota Kinabalu untuk membentuk Forum Komunikasi dalam rangka sharing and caring berkenaan dengan masalah akademik di tiga negara IMB. Diskusi dan tukar-menukan gagasan, program, dan pengamalan juga terjadi dalam forum MSB tersebut.

            Seminar kali ini menampilkan  tiga orang pembicara utama, yakni Prof. Dr. Haji Endang Komara dari Indonesia, Prof. Madya Dr. Ismail Ali dari Malaysia, dan Prof. Madya Ampuan Dr. Haji Brahim bin Ampuan Haji Tengah dari Brunei Darussalam. Makalah-makalah tersebut yang disajikan dan didiskusikan boleh ditulis dalam BINA (Bahasa Indonesia), BM (Bahasa Melayu), maupun BING (Bahasa Inggris).

            Sebelumnya,  peserta SSB menikmati wisata di Raja Ampat.  Kepulauan Raja Apat merupakan wisata yang terletak di wilayah Papua. Wisata ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang mempesona. (d) 

Berita Lainnya