Workshop Penulisan Buku Ajar Berorientasi ISBN di UMB Buton

Workshop Penulisan Buku Ajar Berorientasi ISBN di  UMB Buton

Setelah delay satu jam di Bandara Sultan Hasanudin Makassar, Sulawesi Selatan akhirnya Minggu, 29 Januari 2017, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd dan Aan Hasanah, M.Pd (dari PBSI Magister Pascasarjana dan FKIP UNSUR Cianjur) tiba di Bandara Betoambari Bau Bau Buton, Sulawesi Tenggara.  Ketika menuruni tangga pesawat dari kejauhan kami sudah mengenali salah seorang alumnus  Program Magister PBSI UNSUR yang menjemput kami. Mengingat bandara di sana masih terbuka, para penjemput berjejer di pagar pembatas sekeliling bandara.

Setelah membereskan bagasi, begitu keluar dari pintu bandara telah berjejer yang menyambut kami yakni Ketua Program Studi PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Buton, Yurfiah, S.Pd., M.Pd.,  Sekretaris Prodi PBSI  Dina Komalasari, S.Pd., M.Pd., staf Balai Bahasa Suhendi Syam, S.Pd., M.Pd., dan Muslim, S.Pd., M.Pd.  salah seorang dosen PBSI.  Tidak lama kemudian setelah meninggalkan bandara, kami pun ditemui Bapak Dekan FKIP UMB, Suardin, S.Pd.,  M.Pd.
 
Esoknya, Senin, 30 Januari 2017 pukul 09.00 acara Workshop dibuka oleh Dekan FKIP, dengan dihadiri  Rektor UMB, Bapak Suriadi, S.P., M.M, Ketua Prodi, dan Sekretaris Prodi.  Selain itu penyerahan jurnal (dari UNSUR terdiri Dinamika dan Alinea), prosiding, tukar menukar cinderamata, dst.

Acara itu diikuti oleh 42 orang dosen FKIP Buton, yakni dari Prodi PBSI, Prodi Pendidikan B. Inggris, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Bimbingan Konseling, Prodi PGSD serta ada juga dari Fakultas Hukum.  Workshop berlangsung selama dua hari, yakni 30-31 Januari, yang dilanjutkan dengan pembimbingan sampai dengan 3 Februari 2017.
 
Kami bertemu di UMB Buton
Adapun materi yang disajikan berkenaan dengan  1) Strategi Penulisan Buku Ajar Berbasis Teori dan Hasil Penelitian, 2) Mengembangkan Ide dan Membangun Daya Tarik Buku, 3) Mekanisme Penyusunan dan Struktur Buku Ajar, dan 4) Praktik Penyusunan Draf Buku Ajar. Acara itu dipandu oleh Cecep Nuryadin, S.Pd., M.Pd., staf LPPM UM Buton.

Acara workshop hari pertama selesai pada pukul 16.00 WITA. Setelah itu, kami diajak bertandang ke Benteng Keraton Buton oleh  Dekan FKIP UMB. Kami diajak berkeliling sekitar Benteng Keraton Buton, yang konon katanya terluas di dunia. Selama melihat tempat-tempat dan benda-benda peninggalan kerajaan/kesultanan Buton, Dekan menceritakan satu persatu tempat dan benda yang ada di sekitar keraton. Setelah selesai, kami diantar kembali ke tempat persitirahatan di hotel Ratu Rajawali yang terletak di jalan Sultan Hasanuddin No. 69 Baubau.

Di hari terakhir acara workshop, kami diajak makan siang oleh Dekan FKIP UMB beserta istri di rumah makan Famili dengan menu yang luar biasa. Jamuan makan khas Sulawesi Tenggara telah kami cicipi, dari mulai parende sampai pisang yang ditemani sambal hot jeletot yang nikmat. Akhirnya kami pulang menuju Jakarta pada hari rabu, tanggal 1 Februari 2017 diantar oleh  Dina Komalasi, S.Pd., M.Pd., Suhendi Syam, S.Pd., M.Pd., dan Tofan Stofiana, M.Pd. ke Bandara Betoambari Baubau Buton. Tiba di bandara Soekarno-Hatta pada pukul 12.00 WIB dan kami pun pulang ke tempat tujuan masing-masing. (a)

Berita Lainnya