Lawatan ke Kampus UMS di Kota Kinabalu, Malaysia

Lawatan ke Kampus UMS di Kota Kinabalu, Malaysia

Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd dan Aan Hasanah, M.Pd (UNSUR) dan  Andi Suwirta (Ketua ASPENSI, berdiri di belakang paling kiri) berada di tengah rombongan. Foto diambil Kamis, 11/8 di UMS Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Pada hari Rabu sampai Sabtu, 10-13 Agustus 2016, ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) mengadakan lawatan ke Kampus UMS (Universiti Malaysia Sabah) di Kota Kiniballu, Sabah. Adapun tujuan kegiatan ini adalah menjalin kerja sama bidang akademik yang lebih erat antara pihak ASPENSI dan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dan Brunei Darussalam dengan pihakl UMS, berbagi pengalaman dan wawasan.

Rombongan itu adalah Andi Suwirta, M.Hum (Ketua Umum ASPENSI), Prof. Dr. Haji Endang Komara, Sri Rejeki M.Pd, Dr.Hj. Siti Maryam, M,Pd, Aan Hasanah, M.Pd., dan lain-lain dari Indonesia.  Dari Brunei Darusalam adalah Prof. Madya Dr. Haji awg Asbol bin Haji Mali, Prof, Madya Ampuan Dr. Hj. Brahim bin Ampuan Haji Tengah dan Dr. Haji Tassim bin Haji Abu Bakar.  Dosen Universitas Suryakancana yang diundang oleh ASPENSI adalah  Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd dan Aan Hasanah, M.Pd.

Dari Tanah Air, perjalanan dimulai  dari Bandara internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Begitu pun yang dari Brunei Darussalam.  Kami tiba di  KKIA (kota Kinabalu Internaional Airport) Kinabalu, pada Rabu (10/8).

Esok harinya, rombongan diterima di Kampus UMS.  Dekan Fakultas Psikologi dan Pendidikan UMS Kinabalu berkesempatan menerima rombongan. Lalu dilanjutkan bicang oeriahl akademik, termasuk peluang studi melanjutkan ke S2 dan S3 di UMS dan UBD.  Presentasi makalah-makalah yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal terbitan Minda Masagi Press milik ASPENSI. Diskusi lain tentang agenda di masa depan.

Di sela-sela kegiatan lawatan, kunjungan ke tempat bersejarah dan parawisata tak terlewatkan.  Negera bagian Sabah merupakan negara bagian ke-13 di Kesultanan Malaysia.   Bersama negara bagian Serawak,Sabah terletak di Kalimantan. Di sini ada  Museum Sabah, Pantai Sabah, Gunung Kinabalu, bisa kami kunjungi.   (**ad,mn/1)

Berita Lainnya