Dalam Masa Pandemi, Perkuliahan MPBSI di Semester ini Dilaksanakan Secara Virtual

Dalam Masa Pandemi, Perkuliahan MPBSI di Semester ini Dilaksanakan Secara Virtual

Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Suryakancana melaksanakan perkuliahan di semester ganjil tahun akademik  2020/2021 dengan bantuan aplikasi  google meeting atau zoom meeting  secara daring (dalam jaringan).  Meskipun kuliah dilakukan secara virtual, para mahasiswa tampak  antuasias mengikuti perkuliahan di masa pandemi ini.  Hal ini dibuktikan dengan bukti presentasi kehadiran, aktif, kreatif, dan dituntut kemandirian di sejumlah mata kuliah diampu.  

Itu karena mahasiswa baru MPBSI, sudah melewati matrikulasi, berupa pengenalan kampus, pembelajaran, kurikulum, dosen, penelitian, kegiatan akademik  atau keuangan sebelumnya pada bulan September 2020.   Meskipun  baru kenal satu sama lain - lewat interaksi media zoom – mahasiwa tampak mulai terbiasa  dengan sistem perkuliahan daring akan dilaksanakan semeseter  ini.  

Untuk semester 1,  ke-21 mahasiswa  MPBSI akan mengontrak mata kuliah : Psikolinguistik, Bahasa Indonesia, Filsafat Ilmu, dan Sastra Indonesia. Sedangkan, untuk semester 3, mahasiswa berjumlah 21 orang  akan mendapat mata kuliah Telaah Hasil Budaya, Metodologi Penelitian Pendidikan, Problematika Penggunaan Bahasa dan Sastra serta Statistika. Staf dosen yang terlibat dalam pengajaran di Magister MPBSI adalah Prof. Dr. H. Iskandarwassid, M.Pd., Prof. Dr. H. Yus Rusyana, Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd., Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd., Dr. Hj. Sri Muyanti, M.Pd.  dan Dr. Nani Jusniani. Adapun asisten dosennya adalah Aan Hasanah, M.Pd, Dr. Barkah, M.Pd., Yeni Suryani, M.Pd, Dadan Wahyudin, M.Pd. dan Ahmad Ginanjar, M.Pd.

Berkunjung Perpusatakaan Nasional secara Virtual

Di semester awal tahuan akademik 2020/2021, pada kuliah perdana mata kuliah Bahasa Indonesia (salah satu contohnya), Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd. memberikan pembelajaran kepada mahasiswa  tentang ragam  bahasa yang dilakukan secara virttual.  Ada beberapa ragam seperti: kita ketahui :  Ragam Bahasa Jurnalistik, Ragam Bahasa Karya Tulias Ilmiah,  Ragam Bahasa Karya Sastra, dan lain-lain.  Keduanya, komentar tentang perasaan mahasiswa dengan diterima kuliah di MPBSI.  3) Apa yang kau ketahui tentang Perpusnas?  4.  Mengapa mahasiwa perlu mengakses perpustakaan nasional?  5. Praktikan/Cara mendaftar menjadi anggota perpustakakaan nasional (diberi waktu 30 menit).  6. Coba paparkan kegiatan dengan menggunakan slide tentang Kunjungan Perpusatkaan Nasional secara virtual  (hasil kerja sendiri) yang dinalai secara bersama-sama).  Mahasiswa diberikan pula  pengayaan wawasan tentang  pengalaman mencari jurnal terakreditasi atau butku atau bacaan yang inspiratif (mencerahkan).  Nantinya, mereka terbiasa membaca informasi kekinian.

Kita tahu, perpustakaan menjadi salah satu tempat yang  untuk referensi buku, jurnal, hingga publikasi. Salah satu perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya  adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). 

Kunjungi situs resminya: http://keanggotaan.perpusnas.go.id/, setelah Anda meng-klik link tersebut.  Setelah muncul gambar seperti di atas maka selanjutnya klik menu daftar, jika Anda sudah memiliki No. keanggotaan maka tinggal memasukan No. tersebut beserta paswordnya kemudian klik menu masuk. 

Jika Anda telah meng-klik menu daftar maka akan muncul gambar seperti berikut; Silahkan Anda baca dengan seksama syarat, tatib, serta hak kewajiban Anda, jika sudah dibaca maka klik menu "Lanjutkan Pendaftaran" yang ada pada bagian sudut kanan atas. 

Mengisi Identitas Diri PETUNJUK PENGISIAN FORM: 

1. Pastikan data yang Anda masukkan sesuai kartu identitas yang berlaku, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan. 

2. Silahkan hubungi bagian layanan Perpustakaan Nasional RI, jika Anda pernah mendaftarkan diri sebelumnya namun akun Anda tidak aktif. 

3. Inputan dengan tanda  "wajib" diisi. 

4. Klik disini, jika Anda telah terdaftar sebagai anggota, namun belum memiliki user dan password akses layanan Keanggotaan Online. 

Setelah Anda mengisi semua data diri dengan benar, selanjutnya klik kotak keci pada bagian bawah yang bertuliskan "Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI" 

Setelah Anda meng-klik kotak tersebut maka akan muncul kolom pada bagian bawah yang bertuliskan "daftar", silahkan klik menu tersebut.

Sejumlah dosen dituntut untuk bisa menyesuaikan diri di tengah pandemi covid ini, Penggunaan media pembelajaran, apapun media pembelajaran mampu menghasilkan knowledge (pengetahuan), skill atau keterampilan, dan charakter (karakter).  Berbagai macam program harus diusahakan untuk merangsang jiwa kreatif, pengalaman,  kepemimpinan mahasiswa, dan diarahkan untuk belajar mandiri. . Salah satu indikator keberhasilan pendidikan tinggi dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri.     

(dw)

    

Berita Lainnya