Mahasiswa PBSI S-2 UNSUR Saksikan Monolog Apun Gencay Karya Yus Rusyana di Bandung

Mahasiswa PBSI S-2 UNSUR Saksikan Monolog Apun Gencay Karya Yus Rusyana  di Bandung

Prof. Dr. H. Yus Rusyana, Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA  Drs. Elin Syamsuri, Aan Hasanah,  M.Pd.  Dra. Hj. Yeni Suryani, M.Pd. dan 2 orang tata usaha, Desi Asri Maryani, S.Pd.  dan Widi Nur Aulia serta  beberapa orang perwakilan dari  mahasiswa program magister PBSI UNSUR melakukan berfoto  bersama   di Kampus Unpad Bandung (21/2)

 25 mahasiswa PBSI program magister Universitas Suryakancana, setelah pagi harinya melaksanakan kegiatan Tes UKBI di Balai Bahasa Propinsi Jawa Barat,   pada siang harinya langsung menyaksikan  monolog Apun Gencay karya Yus Rusyana di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jl. Dipatiukur No. 46 Bandung pada Jumat (21/2).  Mahasiwa tiba ke tempat pementasan itu pada  pukul 13.00 WIB.    Perlu diketahui, Prof Yus mengajar di program magister PBSI untuk mata kuliah Sosiolinguistik dan Telaah Sastra juga mengajar di FKIP UNSUR

Pertunjukan monolog tersebut tersebut dimaksudkan memperingati Hari Bahasa  Ibu Internasional yang diadakan Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda (PDPBS) bersama Prodi Sastra Sunda Universitas Padjadjaran menggelar pertunjukan monolog Apun Gencay. Dalam acara itu, ada  sekuel dari acara 'Pasanggiri Tarucing Cakra Basa Sunda', yang digelar di tempat yang sama. 

Apun Gencay sendiri merupakan bagian dari Kumpulan Cerpen 'Jajaten Ninggang Papasten', karya Yus Rusyana.  Puncaknya adalah saat Sang Dalem dibunuh oleh Akang, yang notabene adalah kekasih Apun Gencay yang direbut oleh Sang Dalem. Dalam fragmen ini, diceritakan ratapan kepedihan seorang selir bernama Apun Gencay yang ditinggal mati oleh dua orang kekasih yaitu, suaminya seorang Dalem dan kekasihnya.  

Dalam acara tersebut, dan dihadiri penggubah cerita pendek Apun Gencay, Prof. Yus Rusyana.  Beliau juga mengaku senang karyanya dapat diinterpretasi, terlebih ditranskip dengan baik ke dalam adegan teatrikal berupa monolog. Menurut Yus, di tangan Asep Supriatna, Apun Gencay berhasil disajikan dalam format yang mudah dimengerti oleh penonton, namun tetap elok dan membawa ritme yang baik sepanjang pertunjukan

Adapun  aktris utama Fani Hatinda memerankan tokoh  Apun Gencay merupakan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia. Ia merasa sebagai anak muda, wajib hukumnya memelihara bahasa ibu.

Beberapa orang perwakilan dari mahasiswa PBSI S-2 UNSUR pun bertemu dengan pengararangnya, Yus Rusyana   dan penterjemah mantan Rektor Unpad,  Ganjar Kurnia  melakukan berpoto bersama. (/Redaksi)
 
 

Berita Lainnya