Mengunjungi Perpusnas RI dan Teater Koma TIM Jakarta

Mengunjungi  Perpusnas RI dan  Teater Koma TIM Jakarta

Setelah mengunjungi Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan di Rawamangun, Jakarta tim studi tour PBSI dan MPBI UNSUR, akhirnya berkunjung pula ke Gedung Perputakaan Nasional RI di Jalan Merdeka Selatan  tepat hari Kamis pada pukul 13.00 WIB (Kamis, 14/11//2019).  Kalau tempo hari,  kunjungan ke Gedung Perpustakaan RI  di Jl Salemba Jakarta, kini Gedung Perpustakaan RI  berlokasi  di Jl. Merdeka Selatan Jakarta Pusat.
 
Acara penerimaaan tamu oleh petugas dilakukan di Aula di Lantai 4 Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.    H.A.M Suganda, M.Pd, mewakili tim tamu. memberi sambutannya.  Pertama, memperkenalkan tim dosen yang mendampingi mahasiswa.  Adapun jumlah mahasiswa yang dibawa yang terdiri 71 mahasiswa  PBSI dan  21 orang MPBI.  Kemudian, beliau meminta kepada petugas Perpustakaan Nasional  RI untuk bisa memberikan masukan dan informasi kepada mahasiswa dibawanya itu..

Petugas perpustakaan nasional memberikan sekapur sirih sebagai pengantar sambutannya. Kemudian petugas memutar video  (film dokumentasi)  tentang seluk beluk pembangunan perpustakaan RI.dan koleksi-koleksi di perpusnas RI tersebut..

Gedung Perpustakaan yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada hari Kamis (14/9/2017) dua tahun silam. Bersama Presiden hadir saat itu, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menristekdikti, M.Nasir, Kepala Perpustakaan Nasional Muh. Syarif Bando dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat. Saat itu, Presiden menyebut sebagai gedung perpustakaan nasional memiliki 27 lantai itu merupakan gedung perpustakaan  tertinggi di dunia

Adapun, fasilitas yang ada di gedung ini, antara lain ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional, ruang teater, ruang zona promosi budaya baca, data center, layanan anak, lansia dan disabilitas, layanan koleksi buku langka hingga layanan multimedia

Menonton Drama di Teater Koma di TIM Cikini

Pementasan Drama di Teater Koma dengan lakon "J.J. Sampah-sampah Kota" di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada malam harinya. Kelompok Teater Koma  kembali mementaskan produksi terbaru berjudul "JJ Sampah-Sampah Kota".  Lakon sebenarnya pernah ditampilkan 40 tahun yang lalu, namun ceritanya masih relevan dengan kejadian masa kini.

Sesuai jadwal tertera, para mahasiswa masuk ke ruangan pementasan pada malam harinya.  Lakon  "JJ Sampah-sampah Kota" disutradarai oleh Rangga Riantiarno berkisah tentang sepasang suami istri yang hdiup di kolong jembatan. Jian bekerja sebagai kuli pengangkut sampah, digaji harian, dan tidak punya masa depan. Ia tetap bekerja dengan jujur, giat, dan gembira dan seterusnya.

Produksi ke-159 dari Teater Koma ini akan dipentaskan mulai 8-17 November 2019 di Graha  Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.  Pementasan Drama tersebut berdurasi  kurang lebih sekitar 3 jam.  Pementasan drama pun selesai pukul 23.30 WIB,    (d/Redkasi)

Berita Lainnya