Matrikulasi Angkatan 20 Tahun Akademik 2019/2020

Matrikulasi Angkatan 20 Tahun Akademik 2019/2020

Sekretaris Prodi MPBI, Aan Hasanah, M.Pd  memberikan informasi dihadapan peserta Matrikulasi dan Seminar Proposal di  hari Sabtu, 7/9.

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (MPBI) Universitas Suryaknacana Cianjur melaksanakan kegiatan Matrikulasi Mahasiswa Baru Angakatan 20 Tahun  Akademik 2019/2020. Kegiatan Matrikulasi ini berisi perkenalan studi di magister PBI, meliputi kegiatan akademik, adminsitrasi dan keuangan, kemahasiswaaan,  atau cara pengiriman tugas, membuat  laporan buku dan media pembelajaran, pengantar penelitian sekilas, dan lain-lain.  Kegiatan tersebut diadakan pada hari Sabtu, 7 September 2019.

Kegiatan Matrikusi dibuka oleh Sekretaris Prodi MPBI, Aan Hasanah, M.Pd. Selanjutnya, Sekprodi memberikan materi tentang menyangkut Administrasi dan Keuangan PBSI. Peserta matrikulasi  berkesempatan mengunjungi  ke perpustakan Pascasarjana  sampai pukul 09.30 WIB.

Materi kedua dipaparkan oleh Prof. Dr. H. Yus Rusyana berkaitan materi Perkuliahan/Studi di Program Magister PBSI. Adapun  sesi ke-3 diisi oleh Dr. Hj. Iis Ristiani, M.Pd menyajikan materi  Informasi Akademik dan Penulisan Laporan Buku dan Makalah sampai pukul 12.00 WIB

Setelah isoma (istirahat, solat, dan makan), Matrikulasi dilanjutkan lagi.  Perihal Media Pembelajaran oleh Dr. Hj. Sri Mulyanti, M,Pd.(sesi keempat) pada pukul 13.00-14.00 WIB.  Adapun materi  Pengantar Penelitian dibawakan oleh Prof. Dr. H. Iskandarwassid, M.Pd dan sesi terakhir ke-6 tentang Pengiriman Tugas Via Email dan Cara Memasukan Artikel Jurnal Dinamika (OJS) dan Cara Membuka Laman Web dibawakan oleh Ahmad Ginanjar, M.Pd. dan Dadan Wahyudin, M.Pd.

Akhirnya, Sekretaris Prodi menyatukan peserta Matrikulasi dan perserta Seminar Proposal di lantai 2 Gedung Pascasarjana.  Sekretaris Prodi mengumumkan bahwa perkuliahan akan dimulai pada hari Sabtu, 14 September 2019.  Pemateri-pemateri matrikulasi ini adalah sebagian dosen PBSI yang akan mengajar dalam perkuliahan nanti.  Di semester pertama, mahasiswa akan mendapat perkuliahan mata kuliah Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Filsafat Ilmu, atau Statistik.

Pada pengumuman selanjutnya berkaitan peserta seminar proposal, mahasiswa yang menginjak semester tiga ini akan mendapat  hasilnya. Ada proposal yang diterima bisa dilanjutkan tahap selanjutnya, ada diterima dengan catatan (untuk diperbaiki), dan ada yang diganti.  Bagi peserta seminar proposal yang diterima (diacc), nantinya akan mendapatkan dua pembimbing tesis yang ditetapkan dalam SK (Surat Keputusan)   (d)


Berita Lainnya