Workshop Penulisan Buku dan Artikel Ilmiah di UMMI Sukabumi

Workshop Penulisan Buku dan Artikel Ilmiah di UMMI Sukabumi

Disela waktu seminar, ditayangkan Profil Pascasarjana MPBI Universitas Suryakancana oleh Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd.. Profil tersebut bisa dilihat pada YOUTUBE (:https://www.youtube.com/watch?v=hUu9I9y103s ) 

Dosen Pascasarjana, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd dan Aan Hasanah, M.Pd. dari Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (MPBI) Universitas Suryakancana diundang oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra  Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) untuk memberikan Workshop pada hari Minggu, 23 Juni 2019. Pemateri lainnya diundang yaitu Eli Syaifah Acni, M.Hum.. dosen IKIP Siliwangi Bandung.  Mereka diundang dalam Workshop Penulisan Buku dan Artikel Ilmiah bertemakan "Meningkatkan Kompetensi Menulis Buku dan Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Bereputasi di Era Digital:."   

Dalam sambutannya, Ketua Prodi PBSI, Deden Ahmad Supendi, M.Pd. mengatakan bahwa mahasiswa dan guru dituntut untuk bisa menulis karya tulis ilmiah (KTI pada jurnal, seperti skripsi,  jurnal, atau PTK. Permasalahan pembelajaran atau di sekolah, bisa ditulis pada hakikatnya sebagai bekal menulis.  Kemudian, beliau membuka acara workhshop tsb..

Pada sesi pertama, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd. memaparkan tentang buku bahan ajar. Untuk mencari bahan ajar tidak harus di sekolah, tetapi bisa diunduh dari internet, buku, atau mempraktikan sendiri.  Apalagi ada jaringan aplikasi komputer memudahkannya.

Pemateri meminta waktu sesuai telah dijanjikan sebelumnya untuk mempromosikan prodi  tempatnya mengajar  yakni Pascasarjana MPBI Universitas Suryakancana. Selama 10 menit, mulai dari  tayangan slide mengenai Profil Visi dan Misi, Dosen, Mahasiswa dan ekskulnya,  Kurikuluum, Sarana dan Prasarana, Kerjasama,  hingga slide Penelitian dan Pengabdian. Profil Pascasarjana MPBI Universitas Suryakancana bisa dilihat pada YOUTUBE (:https://www.youtube.com/watch?v=hUu9I9y103s )

Kemudian pamateri selanjutnya, Eli Syaifah Acni, M.Hum. dosen  dari IKIP Siliwangi Bandung. Beliau membawakan Cara-cara Membuat  Karya Ilmiah. Mulai dari cara mencari gagasan, atau permasalahan di dunia pendidikan. Kemudian menerapkan pada karya tulis llmiah. Dan terakhir cara mempublikasikannya di jurnal bereputasi. Pemateri mengisahkan perasaan seputar pengalaman manakala dinyatakan sebagai salah satu pemenang terbaik tingkat nasional.  

Kedua narasumber itu direspon oleh audiens terbukti dengan sejumlah pertanyaan mampu dijawab kedua narasumber.  Acara yang berlokasi di Auditorium UMMI Sukabumi ini selesai, tepat  pukul 12.00 WIB,  . (dan)

Berita Lainnya