Halal Bil Halal Keluarga Besar Pascasarjana MPBI

Halal Bil Halal Keluarga Besar Pascasarjana MPBI

Ketua Prodi Magister PBI, Prof. Dr. H. Iskandarwassid, M.Pd, Direktur Pascasarjana, Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd,  Pemateri Tausiah dari Alumni, H.U. Abdul Aziz, M.Pd (gambar kedelapan hingga kesepuluh dari kiri) di lokasi Halal Bil Halal Tingkat Prodi di Pascasarjana MPBI, Sabtu, 15 Juni 2019.

 

Setelah kegiatan Halal Bil Halal di Universitas pada Kamis lalu,  kini Magister Pendidikan Bahasa Indonesia mengadakan acara yang sama dalam rangka mempererat silaturahmi diantara mahasiswa, alumni, dan dosen di MPBI Pascasarjana Universitas Suryakancana di tingkat prodi, Sabtu, 15 Juni 2019.  Pasca Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum terbaik untuk saling bermaafan atas segala kesalahan dan kekhilafan di masa lalu, dan menyongsong ke depan yang lebih baik dengan kontribusi positif..

 

Halal bil halal  Keluarga Besar Pascasarjana MPBI Tahun 2019 diawali kegiatan pembawa acara, Aan Hasanah, M.Pd.  Sekretaris Prodi MPBI ini menyatakan bahwa  halal bil halal dapat menjadi perekat di antara stakeholder (mahasiswa, alumni, dan dosen), dan agar segala kesalahan dapat dimaafkan. Kemudian, menginjak acara kedua dengan pembacaan ayat suci alqur'an seorang qori.


Kemudian sambutan dari Ketua Prodi MPBI Prof. Dr. H. Iskandarwassid, M.Pd. bahwa kita mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Minal Aizin Wal Faizin.Taqoblallohu Minna Waminkum.  Selama sebulan penuh kita berpuasa, pada hari ini segala kita mengadakan acara halal bil halal dapat kita wujudkan. Mudah-mudahan Alloh  memberi barokah dan karunia dapat ke depan lebih baik lagi. 

Kemudian sambutan Direktur Pascasarjana, Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd.  Beliau menggambarkan suasana di kampus ini berbeda hari-hari biasanya, biasanya selalu diisi oleh materi perkuliahan, namun di hari ini, mahasiswa dapat duduk dengan beralaskan karpet (lesehan) di ruang kelas dalam suasana yang akrab dan familiar. Kebersamaan antarmahasiswa yang  di Cianjur, di Sukabumi, dan lain sebagainya,  bisa saling berkenalan (taaruf).  Kita selalu berdoa  kepada-Nya agar kita dapat menimba ilmu, di lapangkan rejkinya, serta segala amal diterima/keiklasan, Kemudian, Direktur Pascasarjana, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

 

Dalam tausyiahnya,  H.U. Abdul Aziz, M.Pd  yang merupakan alumni 2011 menyajikan tema halal bi halal.  Kita ditemani dua malaikat, yakni pencatat amal kabaikan  dan keburukan, Hadis lain berbunyi : ada dua  nikmat  yang kebanyakan orang tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan kelonggaran.  Memanfaatkan waktu, ada orang penggunaan waktu untuk ibadah di sepertiga malam, ada yang kelayapan, dan di waktu yang sepi itu ada  pula berbuat untuk mencuri. Dengan kata lain waktu itu bisa menjadi madu, air tawar, dan air kencing bila tidak memnafaatkannya.  Kemudian, penceramah memaparkan asal mula kata halal bil halal, sejak era Soekarno diinisiatifnya untuk menyebut "silaturahmi setelah Hari Raya Idul Fitri",  hingga kini disebutya halal bil halal.

  

Setelah pembacaan doa dilakukannya oleh belia dan  langsung diadakan acara saling bermaaf-maafan atas segala kesalahan dan kekhilafan. 

 

Acara  foto bersama antara mahasiswa, dosen, dan alumni..

 

Setelah itu, para mahasiswa  membuka hidangan dan botram bersama dengan lesehan.  Diantara mahasiswa. alumni, dan dosen  berbaur bersatu padu.

 

Semoga acara tersebut dapat memberi nilai dan makna tersendiri. (d)


Berita Lainnya