Program Pascasarjana dan SMAN 1 Cikembar Adakan Seminar di Cikembar, Sukabumi

Program Pascasarjana dan SMAN 1 Cikembar Adakan Seminar di Cikembar, Sukabumi

Suasana seminar di SMAN 1 Cikembar 

Program Pasacasarjana Universitas Suryakancana dan SMAN 1 Cikembar mengadakan Seminar Peningkatan Mutu Guru Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Peningkatan Publikasi Ilmiah dan PTK di SMAN 1 Cikembar. Kegiatan Seminar dilaksanakan hari Kamis, 21 Februari 2019  dalam Rangka Dies Natalies ke-31  All Fiesta SMAN 1 Cikembar   Kabupaten Sukabumi.  Adapun  Program Pascasarjana terdiri 2 prodi, yakni Magister Ilmu Hukum (MIHU) dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (MPBI).

Bertindak sebagai MC dan juga sebagai Ketua Pelaksana, Hj. Dike Mariske, M.P.Kim  dengan memberikan ucapan  selamat datang di SMAN Cikembar. pada rombongan tamu dari Pascasarjana dan peserta seminar yang terdiri dari anggota MGMP Bahasa Indonesia di Sukabumi Wilayah III.  "Hari ini, kita akan mendapat pengayaan keilmuan dan wawasan dari dosen senior dari Universitas Suryakancana." 

Kepala SMAN 1 Cikembar, Iman Sofyan, S.Pd. dalam memberikan sambutan mengatakan bahwa guru tergabung di MGMP ini, bisa mendapat kompetensi untuk meningkatkan profesionalisme. Seorang guru profesional di abad ke 21 memasuki Era Rovolusi 4.0 harus produkstif dan efektif, dalam berkarya. Kemudian, Kepala Sekolah membuka seminar tersebut.

Dalam acara ini, Panitia dengan menggandeng MGMP Wilayah III Kabupaten Sukabumi dan Program Pascasarjana.  Pemateri pertama, Dr. H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd. yang juga menjabat Direktur Pascasarjana menyajikan materi tentang Mengenai Tantangan Guru Profesional di Abad Ke-21. Kemudian, pemateri kedua, Prof. Dr. H. Iskandarwassid, M.Pd mengatakan bahwa ada 3 keberhasilan guru dalam menyusun artikel jurnal. Ketua prodi Pendidikan Bahasa Indonesia ini memberikan inspirasi dalam menulis yakni kegigihan membaca, peka mengangkat masalah pembelajaran, dan ketiga, situasi keresahan dalam mengajar.

Ditutup oleh pembicara ketiga, Dr. Hj. Siti Maryam, M.Pd. “Setiap kegiatan yang kita ikuti, seperti Seminar pada hari ini, guru kreatif akan menuliskan dalam bentuk tulisan. Nah, tulisan inilah yang kelak akan membantu guru bersangkutan untuk naik pangkat,” ujarnya.

Di antara, 60 peserta, ada beberapa alumni yang pernah tercatat sebagai alumni S2 pasca PBI di wilayah ini.  Sementara, Sekretaris Prodi PBI, Aan Hasanah, M.Pd. berharap selain memberikan inspirasi, pengayaan, sekaligus  bersilaturahmi  dengan guru-guru di Sukabumi ini.  (dan)

 
 
 

 

Berita Lainnya