Selasa, 11 desember 2018

22 MAHASISWA PBI IKUTI TES UKBI DI BANDUNG

22 MAHASISWA PBI IKUTI TES UKBI DI BANDUNG

SEBANYAK 22 ORANG mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister UNSUR Cianjur  melakukan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pada hari Selasa, 20 Nopember 2018.  Bertempat di Balai Bahasa Jawa Barat   Jl. Sumbawa  No. 11 Bandung.   

Rombongan mahasiswa didampingi oleh Sekretaris Prodi, Aan Hasanah, M.Pd..  Mereka adalah mahasiswa semester 3 PBI dan  mengambil mata kuliah Telaah Hasil Penelitian Bahasa, Sastra , dan Budaya Daerah (Nusantara) diampu oleh Prof. Dr. H. Yus Rusyana dan Dra. Hj. Yeni Suryana, M.Pd.  Setelah menyaksikan drama dalam lakon  Hutbah Munggaran di Pajajaran  karya  Prof. Yus  Rusyana di aula Unpad, mereka ke Balai Bahasa ini.

Dalam hal ini, prodi PBI menargetkan semua mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan baik dalam mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara, serta   penggunaan kaidah bahasa Indonesia sehingga pun dapat diukur. Di Balai Bahasa inilah, ada tujuh level kemahiran yang ditetapkan mulai dari level terendah yakni terbatas, marjinal, semenjana,  hingga madya. Lalu, level mengikat ke level unggul,  sangat unggul, dan istimewa.

Oleh karena itu Sekretaris memohon bantuan Balai Bahasa  dalam pelaksanannya pada hari ini. Harapan hasil ujian ini  dapat memberikan gambaran umum penggunaan bahasa Indonesia lisan atau tulisan dalam ranah-ranah komunikasi dikuasai mahasiswa ini. (I)

Berita Lainnya